Text
Edukasi Menggosok Gigi dengan Media Permainan Dakon Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Status Kebersihan Gigi dan Mulut (Studi Kasus pada Masyarakat Desa Krasak Magelang)
Latar Belakang: Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 – 2018 mengalami peningkatan cara menggosok gigi yang baik dan benar 0,5%, kemudian ada beberapa masalah kesehatan gigi dan mulut di desa Gejiwan paling tertinggi adalah karies sebesar 48,7% , Keadaan ini menyebabkan perlu ditingkatkan program edukasi pada anak usia dini tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut dengan cara sikat gigi karena hal ini masih jauh dari yg dharapkan. Salah satu Upaya pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut dengan memberikan penyuluhan dan demonstrasi tentang menggosok gigi serta memelihara kesehatan gigi dan mulut pada anak usia dini, salah satunya dapat dilakukan dengan media permainan dakon. Hal ini dikarenakan karakterisrik anak sebagai pembelajar yang aktif dan imajinasi tinggi maka dapat berkembang dan belajar dengan baik melalui kegiatan bermain. Permainan dakon ini sebagai salah satu alternative media permainan edukatif. Dengan media dakon ini diharapkan memberikan pengetahuan kepada anak mengenai menggosok gigi serta menjaga kesehatan gigi dan mulut.
Tujuan : Untuk menganalisis perbedaan pengetahuan, sikap dan ketrampilan masyarakat yang diberikan penyuluhan dengan metode demonstrasi dan permainan dakon.
Metode: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi experiment dengan pendekatan Pretest-Posttest control group design. Samplepenelitian ini mengunakan teknik Purposive sampling teridiri dari kelompok I danKelompok II dimulai degan pengisian kuisioner untuk mengetahui pengetahuan,sikap, dan ketrampilan masyarakat tentang kebersihan gigi dan mulut, denganmengunakan pre test sebelum pendidikan kebersihan gigi dan mulut denganmetode Demonstrasi dan permainan dakonserta post test sesudah penyuluhan cara menjaga kebersihan gigi dan mulut, disertai pemeriksaan kebersihan gigi dan mulut masyarakat. Analisa data mengunakan uji statistik
Hasil: Pengetahuan demonstrasi meningkat 25%, Pengetahuan permainan dakon meningkat 20%, Sikap demonstrasi meningkat 30%, Sikap permainan dakon meningkat
25%, Keyakinan demonstrasi meningkat 20%, Keyakinan permainan dakon meningkat 23%, OHIS pada demonstrasi menurun dari 3,00-1,33, OHI-S pada permainan dakon menurun dari 3,67-2,50 (p-value) paried sample t-test 0,000 (p
Tidak tersedia versi lain