Text
Buku Ajar Evaluasi Pelayanan Kesehatan
Buku ini dapat diharapkan menjadi sarana yang tepat untuk evaluasi pelayanan kesehatan.
Evaluasi merupakan faktor penting yang tidak terpisahkan dari kemampuan kognitif seseorang.
Manusia dibekali dengan kemampuan evaluasi untuk meninjau apakah yang telah dilakukan
sudah dilakukan dengan benar dan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.
Tujuan dari evaluasi adalah menentukan hasil dari program atau kebijakan yang ada.
Stufflebeam menyebutkan 3 tujuan evaluasi:
1. penetapan dan penyediaan informasi yang bermanfaat untuk menilai keputusan alternatif.
2. membantu khalayak menilai dan mengembangkan manfaat program atau kebijakan.
3. membantu pengembangan kebijakan atau program.
Dimensi dalam evaluasi salah satu cara evaluator memberikan evaluasi.
Dalam dimensi evaluasi pelayanan kesehatan ada dua dimensi evaluasi :
1. dimensi waktu
2. dimensi dampak
Tahapan evaluasi Tyler merumuskan tujuh tahapan evaluasi:
1. Merumuskan tujuan evaluasi
2. Mengklasifikasikan tujuan
3. Mendefinisikan dan mempertajam masing-masing tipe tujuan ke dalam bentuk perilaku
4. Mengidentifikasi situasi yang memungkinkan perilaku yang dimunculkan
5. Memilih dan mencoba metode
6. Memilih berdasarkan hasil uji
7. Menyiapkan sarana dan prasarana untuk menafsirkan dan menggunakan hasil
Tidak tersedia versi lain