Text
Loyalitas pasien berdasarkan persepsi tentang mutu pelayanan dokter di Poliklinik Kebidanan dan Kandungan RSUP Dr. Kariadi Semarang tahun 2014-2016
Latar belakang : Rumah Sakit merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang mengalami perubahan orientasi nilai dan pemikiran. Pasien memiliki harapan agar semua kebutuhannya terpenuhi. Dengan terpenuhinya kebutuhan mereka maka akan menjadi mereka puas dan akan loyal dengan rumah sakit. Loyalitas pasien dapat mengakibatkan tumbuhnya keinginan untuk melakukan pembelian ulang atau penggunaan jasa ulang dan dengan sukarela akan merekomendasikan jasa rumah sakit tersebut kepada orang lain. Faktor dokter merupakan faktor penting yang memberikan pengaruh paling besar dalam menentukan kualitas pelayanan salah satunya kepada pasien rawat jalan.
Tujuan : Mengetahui adanya hubungan antara persepsi tentang mutu pelayanan dokter dengan loyalitas pasien di poliklinik Kebidanan dan Kandungan RSUP Dr. Kariadi Semarang tahun 2014-2016.
Metode : Penelitian observasional analitik dengan metode survei dengan pendekatan belah lintang. Sampel 110 responden diambil dari pasien poliklinik kebidanan dan kandungan RSUP Dr. KAriadi Semarang sesuai kriteria inklusi penelitian.
Hasil : Dari analisis bivariat penelitian ini di ketahui bahwa mutu pelayanan sikap dokter, keterampilan teknis medis dokter, penyampaian informasi oleh dokter, ketersediaan waktu konsul dokter berhubungan secara bermakna dengan loyalitas pasien dengan loyalitas pasien di poliklinik kebidanan dan kandungan RSUP Dr. Kariadi Semarang. Analisis multivariat, terdapat hubungan bermakna antara mutu pelayanan penyampaian informasi oleh dokter dengan loyalitas pasien di Poliklinik kebidanan dan kandungan RSUP dr. Kariadi Semarang.
Simpulan : Terdapat hubungan antara persepsi tentang mutu pelayanan dokter dengan loyalitas pasien di poliklinik kebidanan dan kandungan RSUP Dr. Kariadi Semarang.
Kata kunci : persepsi pasien, mutu pelayanan dokter, loyalitas pasien
Tidak tersedia versi lain